Mengenal-Lebih-Dekat-Asam-Kojic-Yang-Bisa-Memutihkan-Kulit
info Kecantikan admin  

Mengenal Lebih Dekat Asam Kojic Yang Bisa Memutihkan Kulit

Berita Terbaru – Berbagai cara dilakukan oleh sebagian wanita untuk mendapatkan kilau putih. Mulai dari menjajal krim pencerah hingga menggunakan obat-obatan dokter, segala upaya akan diupayakan untuk mendapatkan kulit yang cerah bercahaya. Salah satu bahan yang paling terkenal dan efektif untuk memutihkan kulit adalah asam kojic. Tak heran jika ada cukup banyak produk kecantikan yang menambahkan ramuan tersebut ke komposisinya.

Namun, apakah kojic acid benar-benar efektif dan terbukti aman untuk kulit? Asam kojic adalah zat tepung alami, berwarna putih, dan terdiri dari kristal kecil yang berasal dari jamur. Asam kojat dibuat dari beberapa jenis jamur, seperti Acetobacter, Penicillium, dan Aspergillus. Asam ini sering digunakan sebagai bahan dalam fermentasi makanan.

Sekarang, kojic acid digunakan dalam produk kecantikan terutama untuk mencerahkan kulit. Kandungan ini juga dipercaya dapat mengobati beberapa kondisi kulit, seperti kerusakan akibat sinar matahari, bekas luka, dan flek penuaan. Melanin merupakan pigmen alami dalam tubuh yang memberi warna pada mata, rambut, dan kulit. Asam amino yang disebut tirosin diperlukan untuk mendukung produksi melanin.

Nah, asam kojic bekerja dengan cara menghalangi pembentukan tirosin yang kemudian mencegah produksi melanin. Jika produksi melanin menurun, efek pencerahan dibuat pada kulit. Karena itu, banyak produk kecantikan yang menggunakan asam kojic sebagai bahan dasarnya. Ini paling sering digunakan dalam krim, lotion dan serum. Selain itu, kojic acid juga dapat ditemukan di beberapa sabun badan dan wajah.

Apakah Kojic Acid Aman?

Sebelum menggunakan produk yang mengandung asam kojic, penting untuk memastikan produk tersebut aman dioleskan ke kulit. Menurut dr. Arina, kojic acid cukup aman digunakan asalkan konsentrasinya maksimal satu persen. Meski begitu, asam kojic bisa menimbulkan reaksi alergi dan efek samping pada kulit.

Masih dari Medical News Today, sebuah ulasan menemukan asam kojic yang diberikan pada tikus menunjukkan kaitannya dengan pertumbuhan tumor. Ini terjadi ketika asam digunakan dalam konsentrasi tinggi. Namun, penelitian tersebut dikatakan cukup lemah. Pasalnya, asam kojic pada kenyataannya lambat laun akan diserap oleh udara yang bersirkulasi. Penelitian menyebutkan bahwa menggunakan produk yang mengandung asam kojic dengan konsentrasi dua persen di kulit dianggap aman.

Meski bahan asam kojic tersedia di pasaran, Anda tidak disarankan menambahkan bahan ini sendiri ke krim atau lotion yang digunakan sehari-hari. Pasalnya, konsentrasi asam kojic harus benar-benar diperhatikan. Jika digunakan secara sembarangan, efek samping seperti iritasi kulit, ruam gatal, dan nyeri (dermatitis kontak) dapat terjadi. Supaya lebih aman, Anda bisa menggunakan losion atau krim asam kojat siap pakai dengan konsentrasi tidak lebih dari satu persen.

Cara Menggunakan Asam Kojic Untuk Memutihkan Kulit

Sebelum menggunakan produk asam kojic, pastikan konsentrasi kandungannya tidak melebihi satu persen dan Anda tidak alergi terhadap bahan alami ini. Untuk memastikannya, lakukan uji tempel atau uji tempel. Sebelum mengaplikasikannya ke wajah atau tubuh Anda, coba gunakan krim asam kojic atau sabun di bagian belakang leher atau siku Anda. Jika tidak terjadi iritasi atau alergi dalam waktu 24 jam, berarti kojic acid aman digunakan pada kulit Anda.

Selain itu dr. Arina menyarankan untuk selalu menggunakan tabir surya setelah menggunakan produk asam kojic. Jika Anda mengalami kemerahan, ruam, iritasi, atau nyeri saat menggunakan perawatan kulit asam kojic, segera hentikan penggunaannya. Untuk meredakan iritasi langsung, Anda dapat mengoleskan krim hidrokortison yang dijual bebas.

Leave A Comment