Mendaki-Gunung-Manglayang-Bandung
Berita Wisata admin  

Mendaki Gunung Manglayang Bandung

www.foryoutour.co.id – Gunung Manglayang memiliki ketinggian 1818 mdpl dan merupakan salah satu gunung terendah di Bandung. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para pecinta hiking, karena selain menawarkan pemandangan terindah dan mempesona, kamu juga bisa mengenal one day hiking. Masalahnya, jarak pendakian dari bawah ke puncak Gunung Manglayang hanya sekitar 2 jam. Meski merupakan gunung berjenis stratovolcano, belum diketahui kapan terakhir Gunung Manglayang meletus.

Meski merupakan gunung terindah di Bandung, namun Anda harus siap mental jika ingin mendaki ke puncak. Masalahnya, tidak ada pos perlindungan di jalur pendakian menuju puncak gunung. Anda tidak perlu bingung mau melakukan apa di Gunung Manglayang, karena jika ke gunung pasti harus mendaki ke puncak. Ada tiga jalur pendakian yang bisa Anda pilih, entah itu melalui Camping Ground atau Situs Wana Wisata Batu Kuda, Palintang di Ujungberung dan terakhir Barubereum. Gunung ini menjadi salah satu tempat wisata di bandung yang sangat direkomendasikan untuk kamu daki. Berikut informasi jalur pendakian.

1. Jalur Pendakian Barubereum

Jalur pendakian Barubereum melewati kawasan tanjakan tanah liat yang diselingi tanjakan berbatu yang bisa sangat licin karena merupakan jalur air, jadi sebaiknya pendakian sebaiknya tidak dilakukan saat musim hujan. Karena jarak dan waktu tempuh yang lumayan pendek, hanya 2 jam jika jalan kaki biasa, hanya ada dua lokasi untuk membangun tenda, yaitu di Puncak Bayangan dan Puncak Manglayang.

Banyak pendaki yang lebih memilih membangun tenda di Shadow Peak meski kapasitas tenda hanya 4 hingga 5 tenda. Mereka lebih memilih spot itu karena memang pemandangannya sangat indah seperti layaknya puncak Gunung Cikuray. Anda harus mempersiapkan perbekalan dengan baik, terutama untuk air minum dan kebutuhan air lainnya. Masalahnya, sumber air hanya dapat ditemukan pada saat pendakian di awal pendakian, selebihnya bukan lagi air terjun di Gunung Manglayang.

2. Jalur pendakian melalui batu kuda

Jika Anda menginginkan medan pendakian yang tidak terlalu terjal dan berbahaya, Anda dapat mengambil jalur pendakian Gunung Manglayang melalui Batu Kuda. Selain jarak yang bisa ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam, Anda juga bisa berjalan-jalan santai dan beristirahat jika perlu menarik napas dan minum air. Lebih ramah, bukan? Berbagai jalur ini akan membawa Anda ke puncak Gunung Manglayang yang ditumbuhi pepohonan rimbun. Anda juga akan menemukan kuburan di sana yang dipercaya sebagai makam nenek moyang gunung ini.

3. Selalu Waspada Saat Mendaki Gunung

Meski belum pernah ada misteri Gunung Manglayang yang pernah diketahui, namun Anda tetap harus berhati-hati saat mendaki ke puncak. Pasalnya baru-baru ini ada kabar ada pendaki asal Bandung yang hilang saat hiking bersama tiga rekannya.

Informasi Umum

Gunung Manglayang terletak di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Bandung. Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk Gunung Manglayang, karena gratis alias gratis masuk tanpa harus membayar apapun. Mungkin Anda hanya perlu menyiapkan biaya parkir kendaraan jika nanti membutuhkannya. Nah, Anda juga bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat-tempat wisata terdekat seperti WanaWisata Batu Kuda CampGround, Desa Wisata Saung Balong Pasir Kunci, dan Air Terjun Cilengkrang. Cukup artikel ini. Selamat berlibur.

Leave A Comment